Kampung Germas

Kelurahan Batu IX Jadi Pilot Projek Pertama Kampung Germas di Kepulauan Riau

Launching Kampung GERMAS oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M.
https://youtu.be/n5GfLp0icbQ

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meresmikan Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Provinsi Kepri di Alun-alun Jatayu, RW. 10 Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Sabtu (11/12). Peresmian ini merupakan perwujudan salah satu misi Gubernur Ansar dan Wagub Marlin dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, dan berdaya saing dengan berbasiskan iman dan taqwa. “Bismillahirrahmanirrahim, Kampung Germas RW 10 Kelurahan Batu IX Saya nyatakan diresmikan, semoga Allah SWT meridhoi usaha yang kita lakukan ini,” kata Gubernur Ansar

Saat meresmikan ditandai dengan pemotongan pita. Sebelumnya acara yang dimulai sejak pukul 06.30 ini diawali dengan senam sehat bersama, pembacaan deklarasi Germas oleh Lurah Batu IX didampingi Ketua Kampung Germas dan Ketua RT 02 RW 10, penampilan tari cuci tangan, serta penyerahan penghargaan kepada Kader terbaik di Kelurahan Batu IX, Keluarga yang berhasil dalam penyembuhan Gizi Buruk, serta Posyandu / Posbang dengan penerapan Prokes Terbaik.

Gubernur Ansar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya untuk dapat melahirkan generasi Indonesia yang unggul, kompetitif dan berkualitas dalam rangka ikut serta mengimplementasikan revolusi industri 4.0. “Maka berbagai usaha pelayanan pendidikan di berbagai tingkatan dan berbagai program digitalisasi. Semua itu akan sukses jika pemerintah dapat menjamin angka indeks kesehatan yang baik serta menjamin tersedianya infrastruktur dasar kesehatan masyarakat,” ungkap Gubernur.

Menurut Gubernur Ansar, orang yang berkualitas secara pendidikan namun fisiknya tidak sehat, maka akan menjadi tidak produktif, begitu juga sebaliknya. Maka jaminan kualitas kesehatan tidak boleh diabaikan. “Untuk itu pemerintah memberikan jaminan kesehatan secara nasional. Termasuk Germas ini yang merupakan salah satunya yang terbentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat,” ucap Gubernur Ansar. Selanjutnya Gubernur Ansar menjelaskan bahwa Germas merupakan gerakan sistematis dan terpadu dalam menjaga kesehatan secara berkelompok. Karena usaha menjaga kesehatan lebih penting daripada mengobati. “Selama ini kita banyak terfokus pada pelayanan-pelayanan dan pengobatan pada institusi kesehatan, namun jarang sekali dibicarakan mengenai promosi kesehatannya. Oleh karena itu melalui peresmian Kampung Germas ini, saya minta fokus pada promkes lebih ditingkatkan,” pesan Gubernur.

Gerbang Pertama Selamat Datang di Kampung GERMAS

Gubernur juga berpesan agar gerakan ini dijalankan secara sungguh-sungguh setelah peresmiannya. Agar dapat dijadikan pilot project bagi kelurahan lain, bahkan untuk seluruh Kabupaten dan Kota di Kepri. “Karena kunci dari ini semua adalah masyarakat itu sendiri. Saat ini kita juga sedang dan terus berupaya merancang pelayanan unggulan di bidang kesehatan, salah satunya pelayanan pemasangan ring jantung di RSUD RAT di bulan Maret 2022 dan pelayanan gigi mobile,” tutup Gubernur.

Video terkait Kampung GERMAS Kelurahan batu IX :

Gubernur Resmikan Kampung Germas kelurahan Batu IX dan Diskominfo Kepri Gubernur Resmikan Pilot Project Kampung Germas https://youtu.be/0Wv8jT8UiXI dan Tanjungpinang TV News Gubernur Resmikan Kampung Germas Percontohan di Kepulauan Riau dan detak TVtpi Kelurahan Batu IX jadi Pilot Project Kampung Germas di Kepulauan Riau

#Germas #GermasKepri #kepulauanriau  #tanjungpinang

GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat 

7 Langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Senam Sehat di Kampung GERMAS Bersama Gubernur Kepulaaun Riau

Setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Ketujuh langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini 7 langkah GERMAS yang dapat menjadi panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik
    Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik; baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga. Kemudahan – kemudahan dalam kehidupan sehari – hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Bagian germas aktivitas fisik merupakan salah satu gerakan yang diutamakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.
  2. Makan Buah dan Sayur
    Keinginan untuk makan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan berkurangnya waktu untuk makan buah dan sayur yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa jenis makanan dan minuman seperti junk food dan minuman bersoda sebaiknya dikurangi atau dihentikan konsumsinya. Menambah jumlah konsumsi makanan dari buah dan sayur merupakan contoh GERMAS yang dapat dilakukan oleh siapapun.

    Masalah selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi agar anak mau makan buah dan sayur, untuk hal ini anda dapat mengaplikasikan jurus tips anak mau makan buah dan sayur sebagai berikut yaitu salah satunya dengan mengkreasikan makanan dari buah dan sayur dengan mengubahnya menjadi tampilan yang menarik, contohnya dari karakter kartun yang disukai anak menggunakan buah tomat dan sayur ketimun sehingga tadinya anak susah makan buah dan sayur menjadi mau makan sayur dan buah

    Adapun salah satu kampanye GERMAS adalah kampanye makan buah dan sayur yang memberikan informasi betapa besarnya manfaat  dan kenapa harus makan buah dan sayur setiap hari. Karena anda harus memahami pentingnya kenapa harus makan buah dan sayur setiap hari, berikut adalah dampak akibat kurang makan buah dan sayur untuk kesehatan tubuh, contohnya seperti permasalahan BAB, peningkatan risiko penyakit tidak menular, tekan darah tinggi dan lainnya.

    Dengan memahami pentingnya perilaku makan buah dan sayur, diharapkan masyarakat dapat dengan lebih aktif untuk meningkatkan kampanye makan buah dan sayur untuk tingkatkan kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia
     
  3. Tidak Merokok
    Merokok merupakan kebiasaan yang banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan. Berhenti merokok menjadi bagian penting dari gerakan hidup sehat dan akan berdampak tidak pada diri perokok; tetapi juga bagi orang – orang di sekitarnya. Meminta bantuan ahli melalui hipnosis atau metode bantuan berhenti merokok yang lain dapat menjadi alternatif untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.
  4. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
    Minuman beralkohol memiliki efek buruk yang serupa dengan merokok; baik itu efek buruk bagi kesehatan hingga efek sosial pada orang – orang di sekitarnya.
  5. Melakukan Cek Kesehatan Berkala
    Salah satu bagian dari arti germas sebagai gerakan masyarakat hidup sehat adalah dengan lebih baik dalam mengelola kesehatan. Diantaranya adalah dengan melakukan cek kesehatan secara rutin dan tidak hanya datang ke rumah sakit atau puskesmas ketika sakit saja. Langkah ini memiliki manfaat untuk dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini. 

    Ada beragam informasi media cek kesehatan yang memberikan tips cek kesehatan secara berkala, apa saja sebenarnya jenis cek kesehatan berkala yang dapat anda lakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan anda? Berikut adalah beberapa contoh pengecekan yang bisa dilakukan.
    • Cek Kesehatan Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB) Secara Rutin
      Melakukan Pengecekan Berat Badan berguna agar anda bisa mendapatkan nilai Indeks Massa Tubuh (IMT) yang nantinya dapat menentukan apakah berat badan dan tinggi badan Anda sudah berada dalam kondisi ideal atau berisiko terkena penyakit tidak menular (PTM)
    • Cek Lingkar Perut Secara Berkala
      Dengan melakukan Cek Lingkar Perut secara berkala anda bisa mengontrol lemak perut, jika berlebihan dapat menyebabkan penyakit seperti stroke, diabetes hingga serangan jantung
    • Cek Tekanan Darah
      Pengecekan Tekanan Darah dapat membantu anda mendeteksi adanya risiko stroke, hipertensi hingga jantung
    • Cek Kadar Gula Darah Berkala
      Anda dapat mengetahui kadar glukosa dalam darah dengan jenis pengecekan kesehatan berkala ini, hasilnya anda dapat mengetahui potensi diabetes
    • Cek Fungsi Mata Telinga
    • Cek Kolesterol Tetap
      Pengecekan Kolesterol terbagi tiga yaitu LDL (Kolesterol “Buruk”), HDL (Kolesterol “Baik”) dan Trigliserida
    • Cek Arus Puncak Ekspirasi
      Pengecekan ini adalah salah satu cek kesehatan dalam pengujian fungsi paru, pengecekan ini biasa dilakukan pada penderita asma atau penyakit lainnya untuk menilai kemampuan paru-paru
    • Cek dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim
      Pengecekan ini biasanya dilakukan dengan pemeriksaan berkala seperti Test PAP SMEAR dan Test IVA
    • Cek Sadari Periksa Payudara Sendiri
      Lalu berikutnya dalam ragam cek kesehatan berkala yaitu dengan pemeriksaan payudara sendiri.
  6. Menjaga Kebersihan Lingkungan
    Bagian penting dari germas hidup sehat juga berkaitan dengan meningkatkan kualitas lingkungan; salah satunya dengan lebih serius menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil seperti tingkat rumah tangga dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan guna mengurangi resiko kesehatan seperti mencegah perkembangan vektor penyakit yang ada di lingkungan sekitar.
  7. Menggunakan Jamban
    Aspek sanitasi menjadi bagian penting dari gerakan masyarakat hidup sehat; salah satunya dengan menggunakan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran. Aktivitas buang kotoran di luar jamban dapat meningkatkan resiko penularan berbagai jenis penyakit sekaligus menurunkan kualitas lingkungan.


Secara umum, tujuan GERMAS adalah menjalani hidup yang lebih sehat. Gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang. Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah lingkungan yang bersih dan sehat serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit.

Video terkait Kampung GERMAS Kelurahan batu IX :

Gubernur Resmikan Kampung Germas kelurahan Batu IX dan Diskominfo Kepri Gubernur Resmikan Pilot Project Kampung Germas https://youtu.be/0Wv8jT8UiXI dan Tanjungpinang TV News Gubernur Resmikan Kampung Germas Percontohan di Kepulauan Riau dan detak TVtpi Kelurahan Batu IX jadi Pilot Project Kampung Germas di Kepulauan Riau

#Germas #GermasKepri #kepulauanriau  #tanjungpinang